Senin, 30 September 2013

Pencarian data di Google



Sebelum menjelaskan kenapa pada saat pencarian di google, data kita gak ketukar dengan user yg lain?...
sya akan menjelaskan bagaimana cara kerja dalam internet,....

1.Secara singkat, dalam proses pengiriman paket data, client harus terhubung terlebih dahulu ke sebuah server agar bisa terhubung ke jaringan internet. Yang menghubungkan client dengan server adalah protocol TCP/IP.
2.Ketika client merequest sebuah halaman web mengakses serach engine misalnya Google. Maka, paket tersebut akan diubah dalam bentuk raw data dan kemudian menjadi frame.
3.Kemudian paket atau datagram tersebut akan ditambahkan header dengan ukuran antara 20-60 byte.
4.Paket data memulai perjalanannya dari router, dari router switch lalu masuk ke dalam jaringan web atau i   nternet. Beberapa paket data akan megalami collsion.  
5.Ketika paket berada di router, maka router akan bertugas mengarahkan tujuan paket. Jika paket tidak jelas, maka paket tersebut akan dihancurkan. Kemudian paket tersebut akan disegmentasi. Setiap segmen memiliki sequence number. Sequence number ini yang berguna bagi lapisan transport untuk merakit segmen-segmen yang terpecah atau yang terbagi tadi menjadi segmen yang utuh.
6.Kemudian paket tersebut akan diteruskan ke proxy server. Proxy akan melakukan filtering alamat web tertentu. Jika client ingin mengakses web yang telah di blokir di proxy server, maka proxy akan mendrop paket tersebut.
7.Paket akan diteruskan ke jaringan global dan akan melewati ribuan router untuk ke server.
8.Paket akan melewati Firewall. Firewall akan mempertahankan keamanannya dengan mencegah malware atau serangan dari luar.
9.Di server paket akan dibuka dan diproses.
10.Setelah itu server akan mengirimkan data dan diberi label dan informasi penting. Dan proses transfer akan berjalan seperti di awal sampai paket data dari server diterima oleh client dan diurutkan sesuai data aslinya.

Ketika kita sama-sama mengakses google.com dan melakukan pencarian, kenapa data pencarian kita tidak tertukar dengan user yang lain? karena disetiap komputer itu memiliki MAC Address yang berbeda dan IP Address (sesuai dengan ISP yang dipakai) yang tidak sama dengan yang lainnya.
pada saat proses penerimaan data dari google, google itu melihat IP addrees dan MAC address suatu komputer yang akan mau dituju....

sekian itu yang bisa saya jelaskan...
jika kurang mengenang pada anda, saya mohon komentarnya...

1 komentar:

  1. Kalo yang diacu adalah IP Address dan Mac Address, kenapa dua browser dalam satu komputer,, data pencariannya tidak tertukar? Bagaimana google mengetahui kita menggunakan Chrome, Firefox, atau browser lain?

    BalasHapus